Pemanfaatan digital marketing dalam strategi bisnis

Nama : lechan mutaqin

Nim    : 19101011288

Makul : digital marketing 

Pengampu : Andri Tri Haryono.S.E,MM


ABSTRAK

Sekarang ini, teknologi informasi telah berkembang begitu pesatnya. Salah satu bentuk perkembangannya adalah dengan munculnya sebuah platform yang menghubungan antara satu dengan yang lain atau yang biasa kita sebut media sosial. Instagram, Facebook, Twitter dan Tiktok merupakan beberapa contoh-contoh media sosial yang terfavorit. Mulai dari anak-anak hingga dewasa semuanya menggunakan media sosial tersebut. Hal ini tentu menarik perhatian pelaku bisnis. Kini, hampir semua pelaku bisnis tak segan untuk memasarkan produk atau jasanya lewat media sosial. Atas dasar itu, maka artikel ini ditulis. Tujuannya untuk melihat bagaimana digital marketing berguna dalam strategi bisnis di masa sekarang.

PENDAHULUAN

Menurut Supangat, seiring dengan perkembangan teknologi internet, makin berkembang pula teknologi website. Jika pada awalnya cukup dengan halaman statis, maka pada saat ini suatu website menjadi lebih kaya fitur dengan tampilan yang dinamis dan estetis. Tentunya dengan semakin baiknya teknologi web site, turut berkembang pula konsep tentang pemenuhan kepuasan user terhadap suatu website. Hal ini tidak terlepas dari konsep pengukuran kualitas perangkat lunak yang berkembang terlebih dahulu. 

Dewasa ini, perkembangan teknologi internet menjadi semakin pesat. Begitu banyak inovasi-inovasi baru tentang teknologi yang akhirnya bisa mempermudah kita dalam melakukan berbagai aktifitas sehari-hari. Manfaat internet semakin terasa karna sekarang ini kita seseolah sudah tidak bisa lepas dari internet.

Perkembangan teknologi saat ini, banyak menampilkan kemajuan yang hebat. Banyak dari berbagai sector kehidupan telah menggunakan teknologi itu sendiri. Kehadiran internet memberikan banyak pengaruh dalam kehidupan kita. Sama halnya dengan teknologi komunikasi yang merupakan hal yang membantu manusia untuk mencari informasi. 

Selain sebagai sumber informasi, teknologi-teknologi ini juga banyak berpengaruh pada kemajuan ekonomi. Bermacam kegiatan jual beli yang dulu dilaksanakan secara offline dan harus datang ke tokonya, kini bisa dilakukan secara online lewat media sosial maupun e-commerce.

Beberapa media sosial yang sering digunakan untuk menampilkan atau mempromosikan barang atau jasa dari sebuah perusahaan diantaranya ada Facebook, Twitter, Instagram dan Tiktok.

Media sosial ini sangat memungkinkan untuk membuat pelaku bisnis dan pembeli melakukan komunikasi. Media social ini membantu untuk membuat identitas brand pada sebuah perusahaan dan membantu agar perusahaan tersebut bisa dikenal pembeli lewat konten-kontennya yang menarik, santai namun tetap komunikatif. 


PEMBAHASAN

Peranan Media Sosial dalam Membangun Brand Perusahaan

Adanya kemajuan teknologi membuat segala informasi dapat diperoleh dengan cepat sehingga masyarakat dapat melihat segala tentang informasi produk dan jasa maupun informasi tentang perusahaan tersebut walau mereka belum menentukan dan membeli produk-produk tersebut.

Dalam membangun kesadaran masyarakat akan kehadiran produk dari brand sebuah perusahaan makan akan diperlukan media sosial maupun website sebagai sarana informasi maupun untuk kegiatan komunikasi pemasaran dengan harapan dapat membangun hubungan yang aktif dan baik dengan konsumen maupun calon konsumen.

Disinilah peranan media sosia bermain, dengan harapan mampu menjadi faktor yang dapat mempertahankan atau membangun citra brand perusahaan di mata masyarakat umum.

Brand awareness kini sama saja dengan sebuah strategi pemasaran yang menjadi faktor penting dalam membuat kesadaran konsumen untuk membeli sebuah produk atau jasa. Jika masyarakat sadar akan keberadaan sebuah brand maka akan lebih besar kemungkinan masyarakat untuk membeli produk atau jasa dari perusahaan tersebut.

Sebagian besar masyarakat pun juga lebih suka melakukan pembelian produk ke perusahaan yang sudah dikenal dibenak mereka (misalnya seperti logo dan tagline perusahaan) dan selalu ada kemungkinan besar jika mereka mempromosikan produk atau jasa tersebut ke media sosial milik mereka atau mereka sendiri yang akan melakukan pembelian ulang.

Digital marketing disini berfungsi sebagai media informasi yang membangun agar nama brand tersebut dikenal masyarakat. Biasanya brand digunakan juga sebagai alat ukur kinerja sebuah perusahaan. Setiap tahunnya perusahaan akan selalu berusaha untuk meningkatkan brand awareness perusahaannya.

Apabila brand awareness mulai menurun maka perlu dilakukan iklan di media sosial. Seperti instagram adds, facebook adds maupun google adds. Sebuah brand yang mempunyai banyak pengikut di suatu media sosial akan menambah nilai bagi sebuah produk atau jasa di perusahaan tersebut.

Dalam strategi membangun brand lewat media sosial, perlu juga dilakukan dengan strategi yang tepat. Pengelola akun media sosial harus sering aktif dan menunjukkan bahwa media sosial tersebut tidak mati.

Pengelola akun harus sering online dan memposting konten secara rutin, selain itu juga perlu dilakukan interaksi yang nyata dengan konsumen. Jika ada beberapa produk terbaru atau sedang diskon maka hal ini juga perlu ditampilkan di media sosial perusahaan.

Penulisan pesan juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan, kata-kata yang dibutuhkan adalah kata-kata yang bisa memikat konsumen dan bisa memberikan atensi bagi konsumen ketika pesan tersebut diterima. Hal ini bertujuan agar komunikasi terjadi dengan baik dan dapat dipahami konsumen sehingga bisa menghasilkan feedback.

Peranan Digital Marketing dalam Membangun Strategi Bisnis

Dewasa ini, promosi yang dilakukan menggunakan media sosial ternyata berpengaruh besar terhadap keputusan pembelian dan strategi yang dilakukan lewat media sosial banyak dikatakan sebagai strategi yang efektif dan efisien. 

Dalam membangun strategi bisnis, digital marketing memberikan beberapa keuntungan dalam citra perusahaan. Pertama yaitu, membuat hasil lebih terukur. Perkembangan teknologi membuat media sosial jadi lebih mudah digunakan untuk bisnis, di Instagram misalnya sudah ada fitur akun sendiri yang bernama akun Bisnis. Dari fasilitas akun bisnis itu, kita bisa melihat berapa banyak jangkauan aundience untuk sebuah konten, berapa banyak pengujung akun tersebut di setiap harinya, jenis kelamin audience, usia audience bahkan sampai berapa orang yang mengklik sebuah tautan tertentu.

Kedua yaitu lebih fleksibel, tak bisa dipungkiri bahwa media sosial membuat pemasaran menjadi lebih mudah. Konten bisa dibuat dengan mudah dan dilihat oleh audience lewat smartphone dari manapun audience berada.

Ketiga yaitu audience yang lebih banyak. Media sosial ini sudah meluas dan bisa dijangkau di seluruh dunia. Kita bisa melihat bahkan berbelanja produk dari luar negeri tanpa harus langsung kesana. Berapa banyak jangkauan yang diinginkan juga bisa diatur, terutama saat akan melakukan iklan.

Perkembangan teknologi digital telah banyak menuntun konsumen untuk terus menggunakan internet. Di sebuah penelitian menyatakan bahwa keputusan pembelian konsumen didasarkan oleh rekomendasi teman dan rekomendasi dari influencer. 

Salah satu kunci strategi bisnis dalam digital marketing adalah influencer. Saat memilih influencer harus disesuaikan dengan nilai merk dan produk yang dimiliki perusahaan dan gunakan influencer yang baik dan berpotensial. Biasanya seorang influencer mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi perilaku konsumen. Pastikan juga untuk memilih influencer yang bisa dipercaya dan tidak membuat perusahaan kehilangan kredibilitasnya.

Influencer Marketing dipandang sebagai salah satu strategi terbaik untuk mendatangkan calon konsumen pada saat melakukan pemasaran menggunakan media sosial dengan memanfaatkan massa yang dimiliki oleh seorang influencer, seorang influncer dapat menciptakan citra merek produk yang lebih baik dan dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan brand endorser artis atau figur publik yang sudah berada kalangan artis papan atas. Seorang influencer secara umum biasanya dipilih berdasarkan kemampuan, keahlian, tingkat popularitas, maupun reputasi yang dimilikinya.

Salah satu media digital marketing yang sering digunakan adalah Google Bisnis. Google Bisnis bisa membantu untuk membuat munculnya perusahaan di penelusuran ataupun maps. Kinerja Google Bisnis harus dimaksimalkan agar informasi tentang perusahaan bisa langsung diperoleh oleh konsumen saat ia mengetikkan nama perusahaan di media pencarian Google. 

Media sosial lainnya yang sering juga digunakan antara lain yaitu :

 1. Facebook

Facebook adalah media sosial milik Mark Zuckerberg yang mempunyai fitur untuk akun bisnis sendiri. Fitur facebook marketplace juga semakin terbuka dan membuat lebih mudah untuk melakukan transaksi jual beli. Selain itu facebook juga mudah digunakan dan mempunyai fitur adsense yang bis membantu pelaku bisnis untuk lebih memasarkan produknya.

2. Twitter

Twitter adalah salah media sosial yang juga mempunyai fitur adsense, tampilan twitter lebih mudah dan sederhana. Twitter juga mudah ditautkan dengan media sosial lain dan timeline nya juga berjalan real time. Ada banyak juga konten viral yang asalnya dari twitter.

3. Instagram

Instagram adalah media sosial yang popular di kalangan masyarakat. Fungsi utamanya adalah membagikan foto dan video lewat internet. Saat ini telah banyak online shop yang menggunakan instagram sebagai media sosial untuk sarana promosinya. Sama seperti media sosial lainnya, instagram juga mempunyai fitur adsense. Influencer juga banyak yang menggunaan instagram, hal ini membuat media sosial satu ini memiliki banyak peminat. Adanya hashtag juga membantu audience untuk mencari sesuatu berdasarkan kebutuhannya. Adanya banyak filter yang ada di instagram juga membuat media sosial ini memiliki banyak penggemar. Banyak orang yang memanfaatkan instagram sebagai sarang untuk berbisnis dengan cara mengupload foto produk yang akan dipasarkan dengan variasi gambar yang menarik sehingga membuat konsumen tertarik dan ingin membeli. Instagram sendiri adalah seperti sebuah fenomena di kalangan remaja. Walau sudah ada media sosial baru seperti tiktok, namun hal itu tidak menyurutkan audience dari instagram.

Fitur instagram adsense disini juga sangat efektif untuk menaikkan penjualan dari sebuah produk atau jasa yang ada di perusahaan. Jika ingin membuat sebuah bisnis lebih berkembang, maka salah satu media sosial yang harus dikembangkan adalah instagram.

4. Tiktok

Tiktok adalah fenomena yang lebih baru dikalangan remaja kini. Sejak pendemi, media sosial satu ini memiliki banyak penggemar. Namun algoritma dari tiktok masih susah dipahami dan mempunyai aturan sendiri soal bisnis.

Penggunaan media sosial sebagai strategi bisnis terbilang cukup efektif dan efisien. Manfaat paling besar yang bisa dirasakan adalah adanya komunikasi antara para penjual dan konsumen. Lewat media sosial, komunikasi bisa terjadi kapanpun, dimanapun dan bisa terjadi 24 jam.

Dalam digital marketing, kegiatan promosi penjualan menjadi salah satu cara agar konsumen tertarik untuk membeli produk atau jasa dari perusahaan. Promosi yang dilakukan disini bisa menghubungkan penjual langsung dengan segmentasi produknya dan terjadinya komunikasi dua arah

KESIMPULAN

Dewasa ini, perkembangan teknologi internet menjadi semakin pesat. Begitu banyak inovasi-inovasi baru tentang teknologi yang akhirnya bisa mempermudah kita dalam melakukan berbagai aktifitas sehari-hari. Munculnya digital marketing adalah wujud dari revolusi industry 4.0 serta bentuk dari majunya perkembangan teknologi bersamanaan dengan teknologi mobile dimana segala informasi yang kita butuhkan bisa dengan mudah kita dapatkan.

Adanya kemajuan teknologi membuat segala informasi dapat diperoleh dengan cepat sehingga masyarakat dapat melihat segala tentang informasi produk dan jasa maupun informasi tentang perusahaan tersebut walau mereka belum menentukan dan membeli produk-produk tersebut.

Promosi yang dilakukan menggunakan media sosial ternyata berpengaruh besar terhadap keputusan pembelian dan strategi yang dilakukan lewat media sosial banyak dikatakan sebagai strategi yang efektif dan efisien. Dalam membangun strategi bisnis, digital marketing memberikan beberapa keuntungan dalam citra perusahaan.

Salah satu kunci strategi bisnis dalam digital marketing adalah influencer. Saat memilih influencer harus disesuaikan dengan nilai merk dan produk yang dimiliki perusahaan dan gunakan influencer yang baik dan berpotensial. Manfaat paling besar yang bisa dirasakan adalah adanya komunikasi antara para penjual dan konsumen. Lewat media sosial, komunikasi bisa terjadi kapanpun, dimanapun dan bisa terjadi 24 jam.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELUANG DAN TANTANGAN DIGITAL MARKETING ERA REVOLUSI 4.0

Peluang dan Tantangan Digital Marketing di Era Revolusi Industri 4.0

Nofiana Nur Afida "Peluang Dan Tantangan Sistem Informasi Manajemen Di Era Revolusi Industri 4.0”