Peluang dan Tantangan digital
Artikel Digital marketing 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Judul :Peluang dan Tantangan pemasaran digital  di Era Revolusi Industri 4.0  
ABSTRAK  :   Revolusi 4.0 Merupkan   fenomena   kolaborasi antara teknologi cyber dan teknologi otomatisasi.   Revolusi 4.0   juga dikenal dengan sistem cyber phisical.   Konsep penerapan pemasangan   pada otomatisasi. Dibantu   teknologi informasi   dlam proses   pengaplikasian keterlibatan   tenaga manusiadalam prosesnya dqpat berkurang. Dengan demikian efektivitas dan efisiensi   pada suatu lingkungan kerja   dengan kerja sendirinya bertambah. Dalam dunia   industri   hal ini berdampak signifikan   pada kualitas kerja dan biaya produksi. Namun sesungguhnya tidak   hanya industri seluruh lapisan masyarakat juga  bisa mendapatkan manfaat umum dari sistem dalam revolusi   industri   4.0   setidakanya ada lima   teknologi   yang menjadi pilar   utama dalam   mengembangkan sebuah bidang industri sedangkan digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek atau produk menggunakan media digital / internet dengan tujuhan untuk menarik konsumen secara cepat                 
Kata kunci :  bagaimana cara menghadapi peluang revolusi 4.0 dan tantangan apa untuk menghadapi revolusi industri 4.0 dalam pemasaran digital 
Pendahuluhan
   Kini kita   berada di era revolusi   4.0   yang ditandai dengan   perkembangan   luar biasa   di bidang teknologi   internet. Komputer yang kemampuannya terus   berkembang menjadi   lebih hebat karena   tersambung ke   sebuah jaringan   besar yang bernama internet . pada revolusi industri 4.0 kecerdasan   buatan atau   yang lebih dikenal dengan kecerdasan artifisial dan mesin mesin dapat belajar melalui pemogramanjuga berkembang sangat pesat. Banyak lapangan pekerjaan yang hilang   karena perkembangan   teknologi di era ini namun juga banyak lapangan kerja baru yang bermunculan yang bermunculan               yang   bisa   menjadi   sebuah   profesi   masa kini.  
PERMASALAHAN
 Dengan adanya berbagai perubahan   yang terjadi sekarang di dunia saat ini dimana segala hal menjadi   berkembang pesat begitu pula dengan bidang   industri. Belakangan ini kata industri kata industri 4.0   sering di utarakan   oleh banyak orang. Namun   sebenarnya yang dimaksud dengan   industri 4.0   tersebut   istilah ini   pertama kali didengar   saat hanover fair tepatnya pada tanggal 4 hingga 8 April tahun 2011 yang dugunakan pemerintah Jerman   untuk memajukan   bidang industri yang ada saat itu ke tingkat   selanjutnya dengan adanya bantuan dari teknologi.   Di antara masalah lain yang harus dihadapi indonesia pertama adalah sumber daya manusia  (SDM) mereka sendiri. Seperti yang kita ketahui   indonesia memiliki   SDM yang sangat banyak meski begitu orang memiliki kualitas yang bagus masih  terbilang sedikit. Sehingga walaupun terdapat lowongan  pekerjaaandikarenakan rendahnya kualitas   mereka.   Indonesia memiliki Angkatan kerja terbesar ke 4 di dunia namun kurang berbakat. Anggaran Pendidikan pemerintah saat ini hanya sekitar US$114/Kapita. Selain dari kualitas sumber daya manusia yang belum terpenuhi dari   segi zona industri indonesia sendiri yang optimal contohnya   MIGAS dan   PETROKIMIA Selain itu kawasan industri indonesia juga kurang dikembangkan dan digunakan. Seperti batam   karawang dan bekasi.
Dan masalah lainya terletak disektor industri yang sering kita dengar industri halu dan   diantara yang kurang berkembang yang dilihat dengan ketergantungan bahan baku impor contoh 50%   industri petrokimia 74%   logam dasar serta semua bagian penting sarana elektronik dan otomotif
 PEMBAHASAN 
  Industri 4.0 pertama kali digunakan dalam pameran industri hannover messe   di kota hanover jerman pada tahun 2011   peristiwa ini sebenarnya ide   industri 2.0 dan industri 3.0   baru muncul sebelumnya Cuma dikenal revolusi teknologi dan revolusi digital   revolusi ini adalah perpaduan kemajuandalam kecerdasan buatan(AI) robotika, internet of things (banyak) Percetakan 3D yang direkayasa genetika komutasi dimodifikasi dan lainnya 
1.   Internet
2.    Sidik jari
3.     Komputasi awan
4.    Pembelajaran mesin 
Semua revolusi itu terjadi menggunakan revolusi   sebelumnya sebagai dasar. Industri 2.0 tidak akan pernah muncul selama kita masih menggandakan   otot angin dan produksi udara. Industri 3.0   intinya mengupgrade lini   produksi dengan komputer dan robot 
 Semua revolusi itu terjadi menggunakan revolusi   sebelumnya sebagai dasar. Industri 2.0 tidak akan pernah muncul selama kita masih menggandakan   otot angin dan produksi udara. Industri 3.0   intinya mengupgrade lini   produksi dengan komputer dan robot 
Peluang   era digital revolusi 4.0 
1.       Munculnya peluang bisnis online baru
2.       Mengurangi biaya produksi dan biaya operasi
3.       Proses komunikasi dan monitoring antar karyawan semakin mudah
4.       Pemasaran media tidak terbatas  
5.        Proses transaksi menjadi semakin mudah
Tantangan   era digital revolusi 4.0
1.   Hilangnya kesempatan bekerja 
Kesimpulan
 
Industri 4.0 pertama kali digunakan dalam pameran industri hannover messe   di kota hanover jerman pada tahun 2011   peristiwa ini sebenarnya ide   industri 2.0 dan industri 3.0    
Nama : Hanif Rozan Mardani 
Nim: 20101011055 
Kelas : manajemen A4   
Mata kuliah : Digital marketing 
Dosen pengampu  :   Andi tri  Haryono S.E  M.M 
Komentar
Posting Komentar