PELUANG DAN TANTANGAN DIGITAL MARKETING DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

 

Nama                     :Anisa Dwi Harini

Nim                        :20101011199

Kelas.                     :Manajemen A2

Semester.              :5

Dosen Pengampu:Andi Tri Haryono, S.E., M.M

Mata kuliah           :Digital Marketing

Tugas.              :Artikel Peluang Digital Marketing                            di Era Revolusi Industri 4.0




ABSTRAK

Di era globalisasi yang semakin meluas, perkembangan bisnis di seluruh dunia semakin meluas, yang menyebabkan peningkatan perkembangan bisnis di Indonesia. Dengan persaingan yang ketat, tentunya korporasi maupun UMKM yang bergerak di bidang jasa dan barang memiliki tujuan yang sama, yaitu memperoleh keuntungan. bersaing dengan persaingan dari skala perusahaan dari semua ukuran, termasuk kecil, menengah, dan besar Oleh karena itu, rencana pemasaran, yang merupakan sarana untuk mencapai tujuan, merupakan faktor yang sangat signifikan.

 

PENDAHULUAN

Perusahaan penggerak harus siap menghadapi pengaruh persaingan global karena pertumbuhan ekonomi yang cepat dan perubahan lain serta operasi bisnis. Perusahaan menjadi semakin peka terhadap persaingan, terutama yang beroperasi di lingkungan dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan yang tinggi di mana banyak hal berubah dengan cepat dan dinamis. Setiap perusahaan diharapkan untuk selalu berupaya melakukan perbaikan terus-menerus atas kegiatan perusahaan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kinerja pengelolaan perusahaan, selain untuk menjaga kelangsungan usaha dan menghadapi tingkat persaingan yang semakin ketat.

            Yang dimaksud dengan Saluran Pemasaran adalah saluran pemasaran yaitu suatu organisasi, kegiatan atau individu yang diberi tugas untuk mengalihkan barang dari produsen ke konsumen tambahan untuk membantu dalam promosi barang atau jasa. Saluran distribusi adalah metode distribusi produk. Entitas yang melakukan pekerjaan disebut sebagai saluran pemasaran mitra. Faktor penting dalam mengembangkan saluran pemasaran dan strategi pemasaran yang berfungsi untuk meningkatkan pendapatan perusahaan adalah keberadaan mitra. Selain itu, keberadaan mitra saluran pemasaran akan membantu dalam proses menumbuhkan popularitas bisnis di antara target pasar. Oleh karena itu, bisnis yang dimiliki tidak hanya menikmati pendapatan yang lebih tinggi tetapi juga memiliki pengenalan merek yang kuat. Akibatnya, proses kerja sama membutuhkan.

DIGITAL MARKETING CHANNEL

Arti dari Marketing Channel adalah saluran pemasaran yakni suatu organisasi, kegiatan maupun individu yang diberi tugas untuk menyalurkan barang dari produsen ke konsumen serta membantu pemasaran produk atau jasa. Proses penyaluran barang tersebut dikenal sebagai saluran distribusi. Sedangkan pihak yang melakukan tugas tersebut disebut mitra saluran pemasaran. Kehadiran mitra adalah poin utama untuk menciptakan saluran pemasaran dengan strategi pemasaran yang terencana sehingga efektif untuk meningkatkan profit bisnis. Selain itu, hadirnya mitra saluran pemasaran akan membantu dalam proses pembangunan popularitas suatu bisnis pada target audiens. Jadi, bisnis yang dimiliki tidak hanya mendapatkan keuntungan yang lebih besar tetapi juga mendapatkan brand awareness yang tinggi. Maka dari itu, dalam proses kemitraan dibutuhkan hubungan yang saling menguntungkan antara pemilik bisnis dan mitra saluran pemasaran sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan oleh kedua belah pihak.

DIGITAL CONSUMER JOURNEY

Customer journey merupakan perjalanan konsumen saat berinteraksi dengan suatu brand atau merk . Mulai dari saat konsumen pertama kali mengenal brand , melihat-lihat produk yang dijual, melakukan pembelian, hingga apa yang ia lakukan setelah transaksi selesai. Jadi, bisa dikatakan bahwa memahami customer journey itu berarti juga memahami pola pikir konsumen. Nyatanya perjalanan konsumen dalam memilah barang yang akan dibeli tidak hanya sebatas melihat iklan di suatu tempat, suka, lalu memutuskan untuk membelinya. Namun , perjalanan yang konsumen lakukan jauh lebih kompleks.

Sekarang ini kita hidup pada era digital. Dimana jika bisa, semua kegiatan yang dilakukan manusia akan digantungkan pada teknologi yang sudah ada. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, manusia harus pintar- pintar dalam memilih kebutuhan yang sekiranya bermanfaat, tidak merugikan, dan benar- benar sesuai dengan ekspektasi mereka. Misalnya pada saat belanja online. Pada forum belanja online telah disediakan forum penilaian produk yang bisa diisi oleh pembeli produk. Review tersebut kemudian dijadikan oleh calon pembeli lain untuk melihat bagaimana kelayakan produk tersebut untuk dibeli.

BRAND STORY MANAGEMENT

Saat menjalankan branding untuk sebuah bisnis, brand story adalah aspek yang suka terlewatkan, padahal dampaknya cukup besar. Selain menguatka identitas, brand story dapat membuat calon pelanggan lebih tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnismu.

Apa Itu Brand Story? Brand story adalah narasi di balik sebuah brand, dibuat untuk menguatkan identitas brand atau bisnis tersebut. Banyak yang menganggap brand story ini berarti sejarah pembuatan. Sebenarnya, memang hal itu bisa saja dimasukkan ke dalamnya, tetapi bukan hanya itu saja. Istilahnya seperti sebuah buku saja. Ada karakter, permasalahan (biasanya berupa karakter antagonis), lalu bertemu orang bijak yang memberi solusi, lalu akhirnya mereka melakukan solusi itu.

Mengapa Penting untuk Membuat Brand Story? Selain untuk memperkuat identitas, tujuan dibuatnya brand story adalah agar sebuah brand memiliki semacam poros yang dijadikan pedoman. Contohnya begini. Ketika membuat marketing campaign baik itu untuk produk atau brand-nya sendiri, pasti ada beberapa hal yang ingin ditonjolkan, bukan?

GROWTH HACKING MARKETING

Menguatnya minat masyarakat di Indonesia terhadap bisnis teknologi serta pertumbuhan iklim digital yang membuat akses masyarakat menjadi semakin mudah seakan menjadi momentum yang tepat bagi kiprah Digital Start Up di Indonesia. Perusahaanperusahaan digital startup yang memiliki ide bisnis dan layanan yang ditawarkan terbilang sejenis tentunya memiliki target konsumen yang juga sama. Hal inilah yang menyebabkan persaingan semakin berat dan kompetitif. Setiap digital startup harus bekerja keras berlomba-lomba untuk menarik hati para customer dan menjadikan mereka loyal pada produk/layanan yang dimiliki.

Memang pada dasarnya kesuksesan sebuah digital startup tetaplah ditentukan oleh kualitas dari produk/layanan yang dimiliki, namun di era persaingan yang sangat ketat seperti sekarang ini, marketing menjadi hal yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Salah satunya adalah melalui metode Growth Hacking. Growth Hacking terbilang merupakan metode yang tergolong baru di dunia digital marketing. Konsep di balik Growth Hacking adalah penekanan pada eksperimen, kreatifitas, dan pengukuran untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dari metode Growth Hacking yang menarik adalah metode ini tidak memerlukan budget yang besar, hasil dapat diukur secara konstan, inovatif, menghasilkan leads yang berkualitas

MEDIS SOSIAL MARKETING

Istilah aslinya adalah Social Media yang diambil dari bahasa Inggris. Frasa bahasa Inggris menggunakan pola M-D atau Menerangkan-Diterangkan. Sedangkan frasa bahasa Indonesia secara umum berpola D-M atau Diterangkan-Menerangkan. Jadi, terjemahannya yang benar ke dalam Bahasa Indonesia adalah Media Sosial, atau sering disingkat medsos.

Penggunaan media sosial di kalangan masyarakat berkembang begitu pesat. Tidak hanya orang dewasa dan para remaja, namun anak kecil pun sudah bisa menggunakan Media Sosial. Berbagai kemudahan telah dirasakan dalam penggunaan Media Sosial, diantaranya, sebagai sarana komunikasi, sosialisasi, penyaluran hobi, menambah pengetahuan, dan masih banyak lagi. Seperti yang kita ketahui, Media sosial bukan hanya digunakan sebagai media komunikasi dan bersosialisasi, melainkan dapat juga digunakan sebagai media berwirausaha.

MARKETING REASEARCH

Apa itu market research? Market research adalah perencanaan, pengumpulan data, hingga analisis data yang dilakukan secara sistematis oleh perusahaan terkait kelayakan produk atau layanan yang akan diluncurkan. Kegiatan riset pasar ini dilakukan secara langsung dengan calon konsumen.

Riset pemasaran atau marketing research adalah kegiatan penelitian dibidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumuhan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data dan interprestasi hasil penelitian. Kesemuannya ini dirujukan sebagai masukan pihak manajemen dlam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran ini dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.

Maksud tindakan yang sistematis adalah suatu tindakan yang dilakukan secara terartur dan konsisten, didasarkan atas kegiatan-kegiatan yang ilmiah serta dapat membuktikan kebenarannya. Untuk kegiata pemasarn, kegiatan yang sitematis tersebut meliputi berbagai kegiatan, mulai dari perumusan masalah, pengumpulan data, analisis data serta pengujian hipotesis.

 


 

DAFTAR PUSTAKA

Ramadhan, T. S. (2022). Digital Marketing di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELUANG DAN TANTANGAN DIGITAL MARKETING ERA REVOLUSI 4.0

Peluang dan Tantangan Digital Marketing di Era Revolusi Industri 4.0

Nofiana Nur Afida "Peluang Dan Tantangan Sistem Informasi Manajemen Di Era Revolusi Industri 4.0”