PELUANG DAN TANTANGAN DIGITAL MARKETING DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Nama                     :Anisa
Dwi Harini
Nim
                       :20101011199
Kelas. :Manajemen A2
Semester. :5
Dosen Pengampu:Andi Tri Haryono, S.E., M.M
Mata kuliah :Digital Marketing
Tugas. :Artikel Peluang Digital Marketing di Era Revolusi Industri 4.0
ABSTRAK
Di
era globalisasi yang semakin meluas, perkembangan bisnis di seluruh dunia
semakin meluas, yang menyebabkan peningkatan perkembangan bisnis di Indonesia.
Dengan persaingan yang ketat, tentunya korporasi maupun UMKM yang bergerak di
bidang jasa dan barang memiliki tujuan yang sama, yaitu memperoleh keuntungan.
bersaing dengan persaingan dari skala perusahaan dari semua ukuran, termasuk
kecil, menengah, dan besar Oleh karena itu, rencana pemasaran, yang merupakan
sarana untuk mencapai tujuan, merupakan faktor yang sangat signifikan.
PENDAHULUAN
Perusahaan
penggerak harus siap menghadapi pengaruh persaingan global karena pertumbuhan
ekonomi yang cepat dan perubahan lain serta operasi bisnis. Perusahaan menjadi
semakin peka terhadap persaingan, terutama yang beroperasi di lingkungan dengan
tingkat pertumbuhan dan perkembangan yang tinggi di mana banyak hal berubah dengan
cepat dan dinamis. Setiap perusahaan diharapkan untuk selalu berupaya melakukan
perbaikan terus-menerus atas kegiatan perusahaan sebagai salah satu cara untuk
meningkatkan kinerja pengelolaan perusahaan, selain untuk menjaga kelangsungan
usaha dan menghadapi tingkat persaingan yang semakin ketat.
            Yang dimaksud dengan Saluran
Pemasaran adalah saluran pemasaran yaitu suatu organisasi, kegiatan atau
individu yang diberi tugas untuk mengalihkan barang dari produsen ke konsumen tambahan
untuk membantu dalam promosi barang atau jasa. Saluran distribusi adalah metode
distribusi produk. Entitas yang melakukan pekerjaan disebut sebagai saluran
pemasaran mitra. Faktor penting dalam mengembangkan saluran pemasaran dan
strategi pemasaran yang berfungsi untuk meningkatkan pendapatan perusahaan
adalah keberadaan mitra. Selain itu, keberadaan mitra saluran pemasaran akan
membantu dalam proses menumbuhkan popularitas bisnis di antara target pasar.
Oleh karena itu, bisnis yang dimiliki tidak hanya menikmati pendapatan yang
lebih tinggi tetapi juga memiliki pengenalan merek yang kuat. Akibatnya, proses
kerja sama membutuhkan.
DIGITAL MARKETING CHANNEL
Arti
dari Marketing Channel adalah saluran pemasaran yakni suatu organisasi,
kegiatan maupun individu yang diberi tugas untuk menyalurkan barang dari
produsen ke konsumen serta membantu pemasaran produk atau jasa. Proses penyaluran
barang tersebut dikenal sebagai saluran distribusi. Sedangkan pihak yang
melakukan tugas tersebut disebut mitra saluran pemasaran. Kehadiran mitra
adalah poin utama untuk menciptakan saluran pemasaran dengan strategi pemasaran
yang terencana sehingga efektif untuk meningkatkan profit bisnis. Selain itu,
hadirnya mitra saluran pemasaran akan membantu dalam proses pembangunan
popularitas suatu bisnis pada target audiens. Jadi, bisnis yang dimiliki tidak
hanya mendapatkan keuntungan yang lebih besar tetapi juga mendapatkan brand
awareness yang tinggi. Maka dari itu, dalam proses kemitraan dibutuhkan
hubungan yang saling menguntungkan antara pemilik bisnis dan mitra saluran
pemasaran sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan oleh kedua belah
pihak.
DIGITAL CONSUMER JOURNEY
Customer
journey merupakan perjalanan konsumen saat berinteraksi dengan suatu brand atau
merk . Mulai dari saat konsumen pertama kali mengenal brand , melihat-lihat
produk yang dijual, melakukan pembelian, hingga apa yang ia lakukan setelah
transaksi selesai. Jadi, bisa dikatakan bahwa memahami customer journey itu
berarti juga memahami pola pikir konsumen. Nyatanya perjalanan konsumen dalam
memilah barang yang akan dibeli tidak hanya sebatas melihat iklan di suatu
tempat, suka, lalu memutuskan untuk membelinya. Namun , perjalanan yang
konsumen lakukan jauh lebih kompleks.
Sekarang
ini kita hidup pada era digital. Dimana jika bisa, semua kegiatan yang
dilakukan manusia akan digantungkan pada teknologi yang sudah ada. Untuk
memenuhi kebutuhan hidup, manusia harus pintar- pintar dalam memilih kebutuhan
yang sekiranya bermanfaat, tidak merugikan, dan benar- benar sesuai dengan
ekspektasi mereka. Misalnya pada saat belanja online. Pada forum belanja online
telah disediakan forum penilaian produk yang bisa diisi oleh pembeli produk.
Review tersebut kemudian dijadikan oleh calon pembeli lain untuk melihat
bagaimana kelayakan produk tersebut untuk dibeli.
BRAND STORY MANAGEMENT
Saat
menjalankan branding untuk sebuah bisnis, brand story adalah aspek yang suka
terlewatkan, padahal dampaknya cukup besar. Selain menguatka identitas, brand
story dapat membuat calon pelanggan lebih tertarik untuk membeli produk atau
jasa yang ditawarkan oleh bisnismu.
Apa
Itu Brand Story? Brand story adalah narasi di balik sebuah brand, dibuat untuk
menguatkan identitas brand atau bisnis tersebut. Banyak yang menganggap brand
story ini berarti sejarah pembuatan. Sebenarnya, memang hal itu bisa saja
dimasukkan ke dalamnya, tetapi bukan hanya itu saja. Istilahnya seperti sebuah
buku saja. Ada karakter, permasalahan (biasanya berupa karakter antagonis),
lalu bertemu orang bijak yang memberi solusi, lalu akhirnya mereka melakukan
solusi itu. 
Mengapa
Penting untuk Membuat Brand Story? Selain untuk memperkuat identitas, tujuan
dibuatnya brand story adalah agar sebuah brand memiliki semacam poros yang
dijadikan pedoman. Contohnya begini. Ketika membuat marketing campaign baik itu
untuk produk atau brand-nya sendiri, pasti ada beberapa hal yang ingin
ditonjolkan, bukan?
GROWTH HACKING MARKETING
Menguatnya
minat masyarakat di Indonesia terhadap bisnis teknologi serta pertumbuhan iklim
digital yang membuat akses masyarakat menjadi semakin mudah seakan menjadi
momentum yang tepat bagi kiprah Digital Start Up di Indonesia.
Perusahaanperusahaan digital startup yang memiliki ide bisnis dan layanan yang
ditawarkan terbilang sejenis tentunya memiliki target konsumen yang juga sama.
Hal inilah yang menyebabkan persaingan semakin berat dan kompetitif. Setiap
digital startup harus bekerja keras berlomba-lomba untuk menarik hati para
customer dan menjadikan mereka loyal pada produk/layanan yang dimiliki.
Memang
pada dasarnya kesuksesan sebuah digital startup tetaplah ditentukan oleh
kualitas dari produk/layanan yang dimiliki, namun di era persaingan yang sangat
ketat seperti sekarang ini, marketing menjadi hal yang tidak dapat diabaikan
begitu saja. Salah satunya adalah melalui metode Growth Hacking. Growth Hacking
terbilang merupakan metode yang tergolong baru di dunia digital marketing.
Konsep di balik Growth Hacking adalah penekanan pada eksperimen, kreatifitas,
dan pengukuran untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dari metode Growth
Hacking yang menarik adalah metode ini tidak memerlukan budget yang besar,
hasil dapat diukur secara konstan, inovatif, menghasilkan leads yang
berkualitas
MEDIS SOSIAL MARKETING
Istilah
aslinya adalah Social Media yang diambil dari bahasa Inggris. Frasa bahasa
Inggris menggunakan pola M-D atau Menerangkan-Diterangkan. Sedangkan frasa
bahasa Indonesia secara umum berpola D-M atau Diterangkan-Menerangkan. Jadi,
terjemahannya yang benar ke dalam Bahasa Indonesia adalah Media Sosial, atau
sering disingkat medsos. 
Penggunaan
media sosial di kalangan masyarakat berkembang begitu pesat. Tidak hanya orang
dewasa dan para remaja, namun anak kecil pun sudah bisa menggunakan Media
Sosial. Berbagai kemudahan telah dirasakan dalam penggunaan Media Sosial,
diantaranya, sebagai sarana komunikasi, sosialisasi, penyaluran hobi, menambah
pengetahuan, dan masih banyak lagi. Seperti yang kita ketahui, Media sosial
bukan hanya digunakan sebagai media komunikasi dan bersosialisasi, melainkan
dapat juga digunakan sebagai media berwirausaha.
MARKETING REASEARCH
Apa
itu market research? Market research adalah perencanaan, pengumpulan data,
hingga analisis data yang dilakukan secara sistematis oleh perusahaan terkait
kelayakan produk atau layanan yang akan diluncurkan. Kegiatan riset pasar ini
dilakukan secara langsung dengan calon konsumen.
Riset
pemasaran atau marketing research adalah kegiatan penelitian dibidang pemasaran
yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumuhan masalah, tujuan
penelitian, pengumpulan data, pengolahan data dan interprestasi hasil penelitian.
Kesemuannya ini dirujukan sebagai masukan pihak manajemen dlam rangka
identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil
riset pemasaran ini dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam
merebut peluang pasar.
Maksud
tindakan yang sistematis adalah suatu tindakan yang dilakukan secara terartur
dan konsisten, didasarkan atas kegiatan-kegiatan yang ilmiah serta dapat
membuktikan kebenarannya. Untuk kegiata pemasarn, kegiatan yang sitematis
tersebut meliputi berbagai kegiatan, mulai dari perumusan masalah, pengumpulan
data, analisis data serta pengujian hipotesis.
DAFTAR
PUSTAKA
Ramadhan, T. S. (2022).
Digital Marketing di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0.
Komentar
Posting Komentar