Maulana Malik “Peluang dan Tantangan digital margeting di Era Revolusi Industri 4.0”

 

                                                                                    
                                                                                    

”Memperluas Pangsa Pasar Produk Olahraga Melalui Media Sosial TikTok”

Maulana Malik Ibrohim

Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Wahid Hasyim Semarang

Maulmalik44@gmail.com

Matkul  : Digital Marketing

        Dosen Pengampu : Andi Tri Haryono, S.E., M.M.


 

 Abstrak 
 Peran media sosial berubah sangat pesat. Media sosial tidak hanya sebagai media komunikasi dan informasi, namun kini media sosial mempunyai banyak peluang besar guna kegiatan dalam bisnis kususnya marketing. Pengaruh media sosial dianggap sangat penting relatif sangat mudah untuk membangun suatu kerja sama dengan konsumen karena biaya pemasaran yang sangat relatif rendah serta banyaknya pengguna media sosial sehingga dapat menjangkau target konsumennya secara luas.Di Indonesia terdapat 190 juta orang yang aktif bermedia sosial. Hal ini diungkap melalui laporan yang dibuat terbaru oleh Data Indonesia Id, menurut APJJI pada tahun 2022 terdapat 210 juta pengguna internet di Indonesia. Aplikasi TikTok sangat menjadi tren didunia. Sejak aplikasi TikTok pertama kali dikenalkan pada tahun 2016, kini jumlah pengguna aktif TikTok sudah mencapai lebih dari 1 miliyar di seluruh dunia. Aplikasi TikTok menjadi salah satu aplikasi yang banyak di unduh diseluruh dunia dengan kategori “Aplikasi Non-Game” serta telah diunduh sebanyak hampir 188 juta kali pada kuartal (tahun 2022 ). Amerika Serikat memiliki pengguna aktif TikTok terbesar di dunia. Jumlahnya tercatat mencapai 136,4 juta orang pada April 2022. Berbagai kategori konten video yang terdapat aplikasi TikTok, gaya hidup/olahraga menjadi salah satu kategori vidio paling banyak ditonton. Fenomena tersebut juga terjadi di indonesia, gayahidup/olahraga masuk peringkat ke dua dari lima kategori video paling banyak ditonton, sehingga dimanfaaatkan oleh orang -orang guna pelaku usaha industri untuk melakukan pemasaran melalui aplikasi TikTok. Hasil menunjukkan bahwa setiap pemasaran media sosial TikTok memiliki pengaruh positif terhadap kesadaran setiap orang. Implikasi manajerial diberikan agar suatu orang yang memiliki perusahaan atau pelaku usaha di bidang olahraga dapat menentukan langkah yang efektif dalam menggunakan TikTok sebagai media pemasaran untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk olahraga. Kata Kunci—Memperluas Media Sosial, TikTok, pangsa pasar, Produk olahraga. 

Pendahuluan 
 
Peran media sosial berubah sangat pesat. Media sosial tidak hanya sebagai media komunikasi dan informasi, namun kini media sosial mempunyai banyak peluang besar guna kegiatan dalam bisnis kususnya marketing. Pengaruh media sosial dianggap sangat penting relatif sangat mudah untuk membangun suatu kerja sama dengan konsumen karena biaya pemasaran yang sangat relatif rendah serta banyaknya pengguna media sosial sehingga dapat menjangkau target konsumennya secara luas. Di Indonesia terdapat 190 juta orang yang aktif bermedia sosial. Hal ini diungkap melalui laporan yang dibuat terbaru oleh Data Indonesia Id, menurut APJJI pada tahun 2022 terdapat 210 juta pengguna internet di Indonesia diketahui penduduk Indonesia telah merasakan akses dunia maya. Adapaun media sosial yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna internet di Indonesia adalah Youtube, WhatApp, Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok. Aplikasi TikTok sangat menjadi tren didunia. Sejak aplikasi TikTok pertama kali dikenalkan pada tahun 2016, kini jumlah pengguna aktif TikTok sudah mencapai lebih dari 1 miliyar di seluruh dunia. Aplikasi TikTok menjadi salah satu aplikasi yang banyak di unduh diseluruh dunia dengan kategori “Aplikasi Non-Game” serta telah diunduh sebanyak hampir 188 juta kali pada kuartal ( (tahun 2022 ). Negara dengan jumlah pengunduhan aplikasi terbanyak selama periode ini adalah Amerika Serikat memiliki pengguna aktif TikTok terbesar di dunia. Jumlahnya tercatat mencapai 136,4 juta orang pada April 2022. 
 
Indonesia juga merupakan salah satu pangsa pasar aplikasi TikTok dengan tertinggi pengguna aktif TikTok sebesar 99,1 juta orang no dua setelah Amerika Serikat. Berbagai banyak macam konten vidio yang terdapat pada aplikasi. Berbagai kategori konten video yang terdapat aplikasi TikTok, gaya hidup/olahraga menjadi salah satu kategori vidio paling banyak ditonton. Fenomena tersebut juga terjadi di indonesia, gayahidup/olahraga masuk peringkat ke dua dari lima kategori video paling banyak ditonton, sehingga dimanfaaatkan oleh orang -orang guna pelaku usaha industri untuk melakukan pemasaran melalui aplikasi TikTok. Dalam dunia bisnis yang memiliki kekuatan bertahan dan memenangkan persaingan, nyaris seperti seperti hukum rimba, pembisnis harus hati-hati dan meminimalisir kesalahan sebar pasar akan memberikan hukuman. oleh karena itu, salah satu yang harus dimilki adalah produk. Disetiap produk menjadi elemen yang sangat penting dari sebuah usaha, untuk terus bertahan dan dapat bersaing di pasaran maka proses branding menjadi wajib dilakukan oleh perusahaan. 
Produk olahraga merupakan proses dalam merancang identitas dan menjadi representasi dari visi dan image perusahaan TikTok tersebut, sehingga media dalam melakukan promosi dapat dengan tepat menjangkau serta menarik perhatian konsumen atau masyarakat yang telah menjadi sasaran TikTok. Produk Olahraga membutuhkan perjalanan yang sangat panjang agar bisa berkembang untuk membuat persepsi, penilaian, dan kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang berkaitan dengan produk lewat media sosial tersebut. 
 
Oleh karena itu dalam komunikasi pemasaran, produk bukan hanya soal nama dan logo, akan tetapi brand adalah janji satu perusahaan kepada pelanggan dalam memberikan apa yang menjadi filosofi brand tersebut. Bukan hanya itu produk memiliki fungsi berkaitaan dengan emosional, sosial, dan ekspresi diri. Maka dari itu, meningkatkan loyalitas serta meciptkan kesadaran akan brand merupakan salah satu proses dari branding. Membangun suatu produk adalah memberi nilai tambah dan fungsi dari sebuah produk laku dipasaran TikTok, menciptakan keberbedaan dan keuinikan dari yang lain atau pesaing, identitas brand, citra serta posisi. 
 
Beberapa data diatas menunjukan bagaimana pemasaran media sosial melalui aplikasi TikTok. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pasar dimedia sosial TikTok terhadap pelaku bisnis dalam memasarkan industri agar mempertimbangkan penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pemasaran. Metode Penelitian Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Metode deskriptif berisi tentang pembahasan setiap tahapan yang dilakukan tanpa melakukan pengujian sebuah teori. (Setiawati, Retnasari & Fitriawati, 2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif pada kajian ini dilakukan dengan menggunakan sumber data skunder yaitu studi literatur (literatur review). Sumber data yang didapat dari literatur review ini iaah dengan mengumpulkan data berupa jurnal, buku-buku, majalah, web dll yang berkaitan dengan tema kajian. Data yang didapat dari sumber tersebut kemudian dipilih materinya sesuai dengan yang dibutuhkan. 

PEMBAHASAN 
 
Tik Tok telah menjadi salah satu platform yang sedang sangat digandrungi saat ini. Sebagai salah satu media sosial tik tok memberikan sarana berbagi konten yang sangat bervariasi dan kreatif yaitu dari segi kreativitas, video challenge, lipsync, lagu, menari, bernyanyi dan konten pembelajaran . Karena banyaknya pengguna maka Tik Tok memberikan peluang sebagai media sarana promosi produk. Iklan digital telah membawa dampak positif di dunia bisnis yang mana proses suatu pemasaran pada produk dapat dengan mudah dilakukan cara pembuat digital konten foto atau video mengenai suatu produk yang akan dipasarkan kemudian diunggah ke beberapa plateform aplikasi yang telah tersedia. Pemasaran yang dilakukan oleh para pebisnis telah mengalami pergeseran dengan munculnya internet, dimana banyak pebisnis yang beralih dari media konvensional ke media internet salah satunya adalah media sosial. Media sosial menjadi suatu platform yang diminati oleh banyak orang untuk mencari informasi yang diinginkan bahkan banyak orang yang menghabiskan waktunya hanya untuk bermain media social saja. Sehingga pebisnis online dengan menggunakan strategi marketing melalui pembuatan digital konten dapat menarik banyak calon konsumen ke seluruh penjuru dunia. Pebisnis online yang baik adalah dimana seorang pelaku pebisnis online dapat berkomunikasi baik dengan konsumen atau calon konsumen mereka sehingga platform media sosial menjadi strategi marketing yang bagus karena pelaku bisnis akan dengan mudah membagikan berbagai informasi mengenai produk mereka melalui digital konten. Dengan begitu, konsumen mendapatkan banyak pengetahuan terdapat produk tersebut dan akan tertarik untuk membelinya. 
 
A. Media Sosial Pengertian media sosial menurut Cross (2013) adalah sebuah istilah yang menggambarkan bermacam-macam teknologi yang digunakan untuk mengikat orang-orang ke dalam suatu kolaborasi, saling bertukar informasi, dan berinteraksi melalui isi pesan yang berbasis web. Akibat perkembangan internet yang berkelanjutan, berbagai teknologi dan fungsi yang disediakan untuk pengguna selalu berubah. Beberapa contoh media sosial adalah Facebook, Instagram, Twittter, YouTube, LinkedIn, hingga tingkat paling sederhana berupa chatting apps seperti WhatsApp. 
 
B. Pemasaran Media Sosial Pemasaran media sosial adalah suatu bentuk pemasaran secara langsung atau tidak langsung yang memiliki tujuan untuk membangun kesadaran, pengakuan, daya ingat, dan tindakan bagi suatu merek, bisnis, produk, orang, atau entitas lainnya menggunakan alat dari web sosial. 
 
 C. Aplikasi TikTok TikTok adalah satu platform video musik singkat yang dikenalkan oleh Zhang Yiming pada tahun 2016 dan dimiliki oleh perusahaan ByteDance. Platform tersebut adalah tempat untuk mengekspresikan kreativitas melalui video yang menciptakan pengalaman yang asli (genuine), menginspirasi, dan menyenangkan. TikTok memungkinkan penggunanya untuk membuat video pendek disertai musik, filter, dan beberapa fitur kreatif lainnya. Hal yang membuat TikTok menonjol di antara para pesaing lainnya adalah aplikasi hiburan ini memungkinkan semua orang untuk bisa menjadi kreator karena kesederhanaan dan kemudahannya. Hampir lima tahun setelah diluncurkan pada bulan September 2016, TikTok mengalami popularitas yang tinggi. 
 
D. Pangsa Pasar Pangsa pasar adalah informasi yang menunjukkan total penjualan bisnis. Dalam sebuah bisnis, pangsa pasar adalah salah satu istilah yang sering digunakan untuk mengetahui nilai penjualan suatu perusahaan. Biasanya, data yang ditunjukkan menjadi tolak ukur perusahaan dalam bersikap untuk menghadapi kompetitornya. 
 
E. Produk Olahraga Produk Olahraga adalah alat yang berguna untuk membantu menunjukkan bahwa produk dapat didefinisikan sepanjang kontinum (atau skala) dengan produk terutama nyata pada salah satu ujungnya, produk terutama berwujud di ujung lainnya dan campuran keduanya dalam tengah. Produk merupakan nama, kata, tanda, simbol, atau desain, atau kombinasinya yang mengidentifikasi barang atau jasa dari penjual maupun kelompok penjual dan untuk membedakannya dari pesaing. Produk harus mampu menggerakkan strategi bisnis, ia juga merupakan asset serta mempunyai ekuitas. Maka dari itu ketika konsepsi mengenai produk berubah, sebagai asset ia menimbulkan arus perubahan yang besar pengaruhnya. Oleh karenanya para pengambil keputusan pemasaran perlu memperhatikan dengan baik dalam mengelola dan mengukur sebuah produk. Maka dari itu, meningkatkan loyalitas serta meciptkan kesadaran akan brand merupakan salah satu proses dari produk. Membangun brand dari suatu produk adalah memberi nilai tambah dan fungsi dari sebuah produk, menciptakan keberbedaan dan keuinikan dari yang lain atau pesaing, identitas brand, citra serta posisi produk. Maka dari itu dibawah ini langkah-langkah yang diperlukan untuk menyusun konsep produk olahraga. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut: 
 
a. Menjadikan Produk Olahraga Sebagai Asset Perusahaan Sekitar tahun 1980 timbul pemikiran bahwa produk merupakan asset yang memberikan nilai dan mampun mendongkrak penjualan. Ada banyak konsumen yang cenderung loyal terhadap brand tertentu. Oleh karena itu perusahaan perlu melakukan langkah-langkah terkait dengan stabilitas dan citra. Perusahaan mulai mengerti bahwa suatu produk adalah asset yang perlu dijaga dan dipertahankan. 
 
 b. Membangun Produk Olahraga Sebenarnya ini adalah pola kolaborasi produk perusahaan. Beberapa produk olahraga perlu mengajak perusahaan lain untuk saling mendukung, utamanya kerjasama barang baru dengan produk yang terkenal. Ada juga dengan pengenalan produk secara langsung kepada public, seperti launching product dengan melibatkan media. 
 
 c. Menjaga Ekuitas Produk Olahraga Upaya ini dilakuan dengan meningkatkan nilai produk olahraga yang melekat pada trend sebagai hasil dari kepercayaan pelanggan terhadap produk tertentu. Mejaga ekuitas adalah membuat produk Olahraga berada pasa posisi penting dimata konsumen. Semakin dinilai penting oleh konsumen maka akan semakin menempati posisi prioritas untuk dijadikan alasan untuk membeli. Dalam sudut pandang perusahaan nilai ekuitas berkaitan dengan eksistensi produk. 
 
 d. Mempertahankan Produk Olahraga Sebuah perusahaan tentu akan menginginkan dan menciptaan suatu produk olahraga yang bisa bertahan dengan waktu yang lama. Produk olahraga mampu agar bisa bersaing dengan kompetitor dan bertarung di pasar. Ancaman matinya produk pada saat konsumen tidak lagi menjadikan produk tersebur sebagai alternatif dalam daftar belanja. Faktor tersebut bisa terjadi karena segmentasi pasar, harga, selera pasar, serta kepuasan yang tidak terpenuhi. (Criswardana dan Lina: 2021). 
Dalam kaitannya dunia bisnis dan digital atau media sosial, baranding produk memiliki fungsi diantaranya: 
 
 a) Sebagai pembeda dengan produk yang sudah ada. Produk yang sudah dikenal serta melekat pada pikiran konsumen akan gampang dibedakan dengan merk yang lain. 
 
b) Sebagai media promosi serta daya Tarik. produk yang terkenal lebih mudah dipromosikan, dan lebih memiliki daya tarik bagi pelanggan. 
 
c) Untuk membangun citra, imaje, emosi, keyakinan, jaminan kualitas, serta prestise. Artinya produk brand membantu perusahaan agar produknya mudah diingat oleh konsumen. 
 
d) Bagi perusahaan yang mempunyai produk yang kuat akan lebih mudah mengendalikan pasar. Dengan begitu dapat disimpulkan, suatu produk olahraga memiliki tujuan untuk membentuk persepsi masyarakat, kepercayaan, kesetiaan, kebanggaan, dan membangun rasa cinta konsumen terhadap produk di TikTok Shop. 

 KESIMPULAN 
Digital marketing dalam menggunakan aplikasi tiktok yang trend dikalangan remaja sangat lah menguntungkan apalagi dalam menjalankan suatu produk tujuan utama nya dalam usahanya sendiri untuk kemajuan bisnisnya. Tidak hanya itu dalam menjalan stategi harus tepat dan juga disesuaikan dengan produk yang akan dijalankan merupakan bagian hal yang harus diperhatikan bagi manajemen pemasaran, karena produk yang akan dijual harus dapat diterima oleh calon konsumen. Selain strategi pemasaran, perusahaan juga harus memperhatikan bagian pangsa pasar dan perkembangan pasar dari pesaing-pesaing usaha sejenisnya. Jadi media social yang dapat digunakan untuk digital marketing atau memasarakan suatu produk yang dapat dikemas secara menarik ke khalayak umum untuk mempertahankan bisnisnya yaitu dengan salah satu nya aplikasi Tiktok.Tiktok sebagai aplikasi plateform penyedia pembuatan video, hal-hal yang menarik dengan berbagai macam pilihan memberikan tanda bahwa era digital semakin maju. 

 DAFTAR PUSTAKA 
Pustaka yang berupa jurnal ilmiah: Safitri, Anggi Aldila, Anissa Rahmadhany dan Irwansyah. “Penerapan Teori Penetrasi Sosial pada Media Sosial: Pengaruh Pengungkapan Jati Diri melalui TikTok terhadap Penilaian Sosial” Jurnal Teknologi dan Informasi Bisnis, Vol. 3, No. 01, (Desember , 2022), 
 
Lukita Azizah, Janti Gunawan, dan Puti Sinansari”Pengaruh Pemasaran Media Sosial TikTok” ITS Vol. 10, No. 2, (2021)
 
 Lian Fawahan1, Ita Marianingsih2” Membangun Branding Produk UMKM Melalui Media Sosial Tiktok” Volume 4 No 2 (2022) 
 
 U. B. Bangsa, S. Banten, U. B. Bangsa, and S. Banten, “STRATEGI PROMOSI PRODUK MELALUI DIGITAL MARKETING KEPUTUSAN KONSUMEN Tabroni Mamay Komarudin,” vol. 4, no. 1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELUANG DAN TANTANGAN DIGITAL MARKETING ERA REVOLUSI 4.0

Peluang dan Tantangan Digital Marketing di Era Revolusi Industri 4.0

Nofiana Nur Afida "Peluang Dan Tantangan Sistem Informasi Manajemen Di Era Revolusi Industri 4.0”