Peluang dan Tantangan Digital Marketing di Era Revolusi Industri 4.0
Nama : Bintan Freshlintang Meisyma
NIM : 20101011141
Kelas : Manajemen A4
Mata Kuliah : Digital Marketing
Dosen Pengampu : Andi Tri Haryono, S.E., M.M
Era revolusi industri
4.0 telah membawa kita menuju perubahan yang begitu cepat, tepat, akurat,
modern dan dinamis sehingga perekembangan teknologi dalam menyajikan informasi
tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu termasuk dalam bidang marketing (Nurul Huda, 2019).  Dan saat ini telah membuka ruang akses yang
begitu besar dengan berbagai platform
digital yang ditawarkan kepublik sehingga semakin banyak perusahaan yang
sadar bahwa mereka harus melakukan inovasi terutama dalam bidang pemasaran yang
berbasis digital. Bagi perusahaan kesuksesan dalam membangun jaringan bisnis
terletak pada dua jenis pemasaran yaitu pemasaran online dan pemasaran offline
karena kedunya merupakan ujung tombak perusahaan dan apabila keduanya dilakukan
secara bersamaan dan maksimal maka dipasatikan akan memperoleh keuntungan yang
maksimal.
Hadirnya revolusi industri
4.0 dipastikan akan melahirkan persaingan bisnis baru baik lokal, nasional, multi
nasional, regional dan internasional, ini dikarenakan mudah membangun bisnis
baru dengan memanfaatkan media internet
dan tersedianya platform digital
sebagai penunjang aktivitas perusahaan, akhirnya membuat para pebisnis global
harus berpikir strategis dan lebih dalam. Apa saja peluang, tantangan dan
dampak yang didapatkan dari pemasaran berbasis digital dan strategi apa
saja yang harus dipersiapakan dalam menghadapi persaingan tersebut?
Hadirnya
revolusi industri 4.0 telah membuka tatanan dunia baru dalam bidang pemasaran
global dimana akses tersebut dapat menghemat waktu, tenaga, serta biaya dengan
hasil yang cukup maksimal. Namun, transformasi digital ini bisa menjadi sebuah tantangan baru yang cukup berarti
dalam mengembangkan dunia bisnis yang berbasis digital apabila bisnis yang dijalankan tidak dapat mengikuti
perkembangan jaman. Apalagi, adanya rasa ketakutan yang hadir untuk mengubah
cara-cara klasik akan menimbulkan kekhawatiran apabila transformasi yang
dilakukan tidak sesuai dengan kenyataan yang diharapkan atau malah justru gagal
total dalam operasionalnya. Hal ini perlu disikapi dengan bijak, dengan rasa
optimis yang tinggi dan pantang menyerah terhadap setiap perubahan jaman. Sebuah bisnis
yang dijalaninya di tuntut harus bisa menyesuaikan diri dengan teknologi yang
terus berkembang dan semakin canggih. Pemilik bisnis kalau ingin maju dalam
persaingan global maka menjadi suatu keharusan untuk terus belajar dan belajar.
Industry 4.0 :
1. Sistem Cyber-Physical
2. Konektivitas manusia, mesin dan data, semua sudah ada di mana-mana. Istilah ini dikenal dengan nama internet of things. Industri Internet.
3. Inovasi Disruptif yang dapat mengancam keberadaan perusahaan-perusahaan yang sudah lama ada.
Kerangka Kerja Industri 4.0
1. Digitalisasi, integrasi secara vertikal dan horizonta
2. Digitalisasi proses offering produk dan jasa
3. Digitalisasi model bisnis digital yang inovatif
4. Koneksi dan kolaborasi
5. Data & Analitiks
     Mengapa
Industri 4.0 Begitu Penting :
1. Industri 4.0 telah Menyentuh banyak aspek dalam kehidupan kita sehari-hari
2. Industri 4.0 mengintegrasikan dunia digital dan fisik
3. Dapat meningkatkan operasi bisnis, produktivitas dan pertumbuhan pendapatan. Memberikan nilai tambah dan customer experiences
4. Menghubungkan Ekosistem : Mendorong Keputusan Yang Lebih Baik
5. Organisasi akan dituntut untuk Dinamik, Inovative dan mampu Berdaptasi terhadap dinamika tekanan dan tuntutan pasar.
     DUNIA AKAN MENJADI DIGITAL 
Era
digital berpotensi untuk mengubah setiap aspek kehidupan seharihari, dari
membentuk kembali bagaimana orang membuat keputusan, meningkatkan pengalaman
pelanggan (customer experiences), dan
menciptakan model bisnis baru untuk mengoptimalkan rantai nilai untuk tingkat
efisiensi yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Setiap
perusahaan dalam mengembangkan bisnisnisnya perlu di support oleh tenaga yang terampil dengan harapan bisnis yang
dijalaninya mampu bersaing secara profesional dan perusahaan butuh untuk
merekrut SDM (Sumber Daya Manusia) yang handal tentu saja orang-orang yang
berkualitas yang memiliki kemampuan hard
skill dan soft skill yang
mencukupi. Upgrade keilmuan yang
harus diberikan kepada karyawannya harus dilakukan secara berkala untuk bisa
menyesuiakan dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yang berbasis digital.
Sedangkan
tantangan dari masyarakat global itu
sendiri saat ini tentu saja menginginkan totalitas pelayanan jasa yang hadal,
prima, cepat, tepat, akurat dan praktis tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.
Harapan besar dari masyarakat global
adalah hal-hal yang menyangkut kebutuhan hidup sehari-hari dimana mayarakat global selalu berubah-rubah baik dari
segi selera, keinginan dan kemauan. Masyarakat global saat ini kecenderunganannya mudah sekali dipengaruhi namun
mudah juga merasa cepat bosan terhadap barang dan jasa yang diinginkan karena
menganggap keinginan itu cukup kompleks.
Dengan perkembangan teknologi tersebut, digital marketing adalah salah satu cara pemasaran yang dianggap lebih efektif dan efisien dalam mencapai target pasar. Digital marketing sudah mulai dimanfaatkan oleh pelaku bisnis baik dalam skala makro maupun mikro. Pemasaran ini cenderung lebih memanfaatkan media elektronik (internet) sebagai lahan untuk memasarkan produknya. Menurut Chaffey, (2009) E-Marketing (Electronic Marketing) merupakan suatu proses pemasaran dengan menggunakan teknologi komunikasi elektronik, khususnya internet (Dave Chaffey, dkk, 2009).
Pada era teknologi yang terus berkembang pesat, Digital Marketing telah menjadi salah satu alternatif pemasaran yang terus berkembang. Banyak perusahaan mulai meninggalkan model pemasaran tradisional (offline marketing) dan beralih ke pemasaran modern (digital marketing) yang menawarkan penghematan biaya dan tenaga. Di sisi lain masyarakat sebagai konsumen mulai menyadari bahwa arus digitalisasi akan mengubah pola konsumsi mereka. Cara pemasaran secara digital memudahkan mereka dalam mengetahui macam-macam produk yang ditawarkan.
Ada beberapa kemudahan yang dirasakan konsumen dengan digital marketing. Antara lain kegiatan transaksi jual beli dapat diselenggarakan setiap saat (real time); lebih mudah mengakses informasi produk-produk yang ditawarkan untuk mempertimbangkan keputusan pembelian. Kemudahan pemesanan dan kemampuan konsumen dalam membandingkan satu produk dengan produk lainnya merupakan salah satu tujuan dalam pemasaran (Kotler & Keller, 2008). 10 Beberapa contoh market place di Indonesia yang menyediakan informasi berbagai produk antara lain Bukalapak, Shopee, Tokopedia, Facebook dan lain-lain.
Teknologi dan Industri Disruptif
 
1. Segala hal yang bisa jadi digital, akan jadi digital
2. Pergeseran ke subscription based business models
3. Dari memiliki, menjadi menggunakan. On Demand
4. Siklus produk yang lebih pendek
5. Ultra personalisasi
6. Informasi yang Transparan, Reputasi dan Kepercayaan
7. Disintermediasi
8. Proses menjadi data-centric
9. Prosess secara mobile
Inovasi
Disruptif 
“Inovasi
disruptif (disruptive innovation) adalah inovasi yang membantu menciptakan
pasar baru, mengganggu atau merusak pasar yang sudah ada, dan pada akhirnya
menggantikan teknologi terdahulu tersebut. Inovasi disruptif mengembangkan
suatu produk atau layanan dengan cara yang tak diduga pasar, umumnya dengan
menciptakan jenis konsumen berbeda pada pasar yang baru dan menurunkan harga
pada pasar yang lama. “
Peluang 
Peluang
pemasaran berbasis digital yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan atau pebisnis
adalah mudahnya memilki website dan platform digital lainnya. Sangat mudah
bagi perusahaan atau pebisnis dalam menginformasikan dan menawarkan produknya
ke konsumen baik dari mulai brand,
harga, jenis produk, kualitas produk bahkan kualitas layanan yang prima. Jadi
dengan lahirnya marketing berbasis digital perusahaan sangat mudah untuk
memasukkan segala informasi terkait perusahaan dan produk. Konsumen menjadi
lebih mudah dalam menjangkau informasi karena tidak lagi dibatasi oleh ruang
dan waktu dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja dibelahan muka bumi ini.
Peluang yang sangat penting bagi perusahaan atau pebisnis adalah bisa melakukan
komunikasi secara langsung dengan konsumen dengan menggunakan berbagai macam platform digital seperti via fitur live chat dan video conference.
SEO 
Bagi
perusahaan dalam menjalankan bisnisnya wajib menggunakan SEO (Search Engine Optimization) pada
Industri 4.0 saat ini. Dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization), maka website yang dikembangkan sudah dimiliki dan dengn sendirinya akan
teroptimasi dengan baik dan layak. Website
yang dikembangkan dipastikan akan lebih mudah diakses dan ditemukan di
Google. Hadirnya SEO (Search Engine
Optimization) nantinya, trafik pengunjung terhadap website yang dikembangkan akan naik, brand awareness juga akan naik, dan akhirnya akan berdampak positif
terhadap perusahaan dalam memasarkan produkknya dimana tujuan utamanya adalah
meningkatkan angka penjualan.
Adanya
iklan online 
Peluang
paling besar bagi perusahaan dari pemasaran berbasis digital atau online
adalah hadirnya iklan online. Dengan
adanya beberapa iklan online seperti Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads,
perusahaan atau pebisnis bisa menargetkan iklan melalui penetrasi pasar yang
dituju. Tentu saja pemasaran yaang berbasis digital
jangkauannya lebih global apalagi platform
digital yang digunakan sudah didukung oleh fitur filter dari segi usia,
tempat tinggal, minat dan bakat, pencarian di internet, hingga demografi. Jadi iklan bisnis yang dikembangkan
oleh perusahaan atau pebisnis bisa mencapai target konsumen yang tepat.
Tantangan 
Dalam pemasaran berbasis digital yang dilakukan secara online, sudah pasti ada tantangan yang harus dihadapi, seperti:
1. Banyak pesaing
Sudah pasti pesaing antar perusahaan atau pebisnis
melakukan pemasaran berbasis digital yang
dilakukan secara online. Karena
perusahaan atau pebisnis sadar betul bahwa dengan pemasaran online, banyak peluang yang bisa
didapatkan. Namun tidak semuanya perusahaan atau pebisnis menggunakan seluruh
peluang yang telah disebutkan di poin sebelumnya. Demi bisa meraih hasil
maksimal dan bisa dianggap lebih maju dan menonjol dibandingkan para pesaing
bisnisnya, maka para pemili perusahaan atau pebisnis bisa menggunakan barisan
peluang tersebut. 
2. Harus membangun reputasi
Dalam pemasaran berbasis digital atau online, dituntut harus mampu membangun reputasinya. Banyak para pemilik modal atau pebisnis yang tidak mampu membangun reputasinya dengan baik karena mereka tidak tahu caranya. Namun khusus untuk tantangan ini, sebenarnya bisa diselesaikan dengan SEO (Search Engine Optimization). Semakin banyak halaman website yang muncul di Google, maka semakin banyak pula orang yang yakin bahwa website perusahaannya atau bisnisnya terpercaya. Jika memang perusahaan membutuhkan barisan strategi SEO (Search Engine Optimization) yang efektif, maka perusahaan atau pebisnis bisa menggunakan Jasa SEO (Search Engine Optimization) dari Toffeedev. Toffeedev sendiri di Indonesia tepatnya di Jakarta merupakan salah satu Digital Marekting Agency yang selalu siap membantu perusahaan atau pebisnis dalam membangun atau menyusun dan melaksanakan strategi digital marketing yang relevan, tepat sasaran dan mencapai goals atau target yang ingin di capai oleh perusahaan atau pemilik modal.
Peluang Bisnis di Industry 4.0
Teknologi
digital semakin populer di era saat ini. hadirnya teknologi digital telah banyak memberi
kemudahan-kemudahan dan kepraktisan di semua aspek kehidupan dari mulai bidang
pendidikan, ekonomi, kesehatan, sosial budaya dan lain-lain dimana semua aspek
kehidupan yang berupa informasi itu bisa diakses kapan saja, dimana saja tanpa
dibatasi oleh ruang dan waktu. Hal tersebut kini menjadi peluang yang sangat
besar bagi generasi muda dan milenial untuk senantiasa menggali potensi dirinya
di bidang teknologi berbasis digital.
Pasalnya, peluang bisnis dengan bebagai platform
digital saat ini telah banyak memberikan keuntungan bagi pelaku bisnis. Ada
7 (tujuh) peluang bisnis dalam bidang teknologi berbasis digital yang dianggap yang sangat menjanjikan:
1. 1. Software House
Software house adalah perusahaan yang menyediakan jasa aplikasi
dalam melayani pemesanan, pembuatan software
atau aplikasi yang sesuai dengan selera atau keinginan dari perusahaan atau
klien.
2. Startup
Hadirnya bisnis startup,
dimana bisnis ini merupakan bisnis rintisan dengan mengutamakan ide-ide kreatif
dengan konsep kekinian yang serba inovatif dan selalu memberikan jalan keluar
atau solusi atas semua permasalahan yang ada pada konsumen atau pelanggan. Startup biasanya lebih mengandalkan
teknologi berbasis digital untuk
membantu pertumbuhan bisnis yang dibangunnya.
3. Content Creator
Memiliki kemampuan untuk menjadi seorang content creator di Industri 4.0 dapat membuka peluang bisnis yang menjanjikan baik
sekarang maupun dimasa yang akan datang mengingat perkembangan teknologi di
dunia saat ini berjalan begtitu pesat. Profesi sebagai content creator sangatlah luar biasa karena yang dikerjakan adalah
membuat suatu konten yang kreatif dan inovatif, baik berupa teks atau tulisan,
gambar atau syimbol, video, suara
ataupun menggabungkan beberapa unsur atau lebih materi untuk menghasilka karya
cipta yang luar biasa.
4.Game Developer
Setiap perusahaan di dunia ini dalam mengembangkan bisnisnya tentu saja tidak lepas dengan ide-ide kreatif dan inovatif untuk menjadi yang terbaik, salah satunya adalah membangun perusahaan game developer dengan konsep yang menarik sehinggan mampu bersaing dipasaran global. Bisnis game sampai saat dianggap masih sangat menjanjikan untuk masa depan sehingga bisnis game ini dianggap penting dan masih berpotensi untuk memberikan keuntngan yang besar bagi perusahaan.Sudah menjadi tren saat ini bahwa dunia bisnis di Industry 4.0 tidak lepas dari berbagai
macam flatform digital yang telah
tersedia tinggal bagaimana perusahaan dalam membangun bisnisnya mampu
berinovasi. Hadirnya digital marketing
telah menunjukkan tren yang positif dan terus mengalami peningkatan yang sangat
signifikan apalagi bisnis pemasaran yang dikemas secara digital jauh lebih
disukai para pelaku bisnis, daripada pemasaran yang dikembangkan dengan cara
konvensional biasa.
6. E-Commerce
Menurut GlobalWebIndex (2021) Indonesia merupakan
salah satu negara dengan tingkat adopsi e-commerce
tertinggi di dunia. Perubahan dari mulai gaya hidup konsumen, industri e-commerce dengan berbagai plaform
digital yang mempuni banyak memberikan kemudahan dan membuka peluang bisnis
baru. Hadirnya bisnis e-commerce
dalam dunia bisnis dari hari ke hari semakin kompetitif, semakin produktif,
inovatif dan masih banyak potensi industri e-commerce
yang belum tergali kepermukaan, sehingga ini dapat menjadi sebuah peluang
bisnis yang menjanjikan di masa depan.
7. Internet Service Provider
Dunia digital berbasis online tidak lepas dengan
hadirnya bisnis Internet Service Provider
(ISP) karena jaringan internet sudah
menjadi kebutuhan mendasar bagi masyarakat modern Industry 4.0, mulai dari aspek pendidikan hingga rumah tangga semua
membutuhkan jasa Internet Service
Provider (ISP) Sehingga, bisnis ini memiliki dampak positif terhadap
pengembangan teknologi berbasis digital
dan memiliki peluang bisnis yang sangat menjanjikan dimasa depan. Tentntu saja
peluang ini membutuhkan ilmu pengetahuan yang sesuai.
Komentar
Posting Komentar